Senin, 02 April 2012

Terapi Nutrisi pada penderita ASMA



DEFINISI :

Asma adalah penyakit inflamasi (radang) kronik saluran napas yang menyebabkan peningkatan hiperesponsif jalan napas. Hal tersebut menimbulkan  gejala episodik berulang berupa mengi (nafas berbunyi ngik-ngik), sesak nafas, dada terasa berat dan batuk2 terutama malam menjelang dini hari.


GEJALA :

Mengi (bunyi saat bernafas), pilek, bersin, batuk disertai rasa gatal di tenggorokan, sesak napas, berkeringat dan denyut nadi meningkat.


PENYEBAB :

Debu, udara kotor, asap rokok, perubahan cuaca, makanan yang menimbulkan iritasi seperti pedas, asam, manis, asin, dingin, panas dan bergetah, termasuk juga bulu dan kotoran hewan peliharaan, infeksi saluran pernafasan, serta juga faktor genetik (keturunan).


PENANGANAN DAN PENCEGAHAN :

Pada dasarnya penanganan asma yang paling efektif menghindari faktor2 pencetus asma dan menggunakan obat asma untuk mengurangi pembengkakan saluran pernafasan, seperti inhaler dan nebulizer yang berfungsi menghentikan serangan asma.
Para ahli asma mengingatkan, penyakit asma tidak dapat disembuhkan. Obat2an yang ada saat ini hanya berfungsi menghilangkan gejala. Namun dengan mengontrol penyakit asma, penderita penyakit asma bisa bebas dari gejala penyakit asma yang mengganggu, seningga dapat menjalani aktivitas hidup sehari2.


NUTRISI :

Terapi nutrisinya sms di 0818984132



Tidak ada komentar:

Posting Komentar