Selasa, 17 April 2012

Terapi Nutrisi untuk THYPUS/TYPES



DEFINISI :
Di dunia kedokteran, penyakit types/typhus di kenal dengan nama thypus Abdominallis. Typhus abdominallis adalah penyakit peradangan pada usus yang di sebabkan oleh infeksi bakteri. Typhus merupakan salah satu bentuk salmonellosis, yaitu suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi salmonella.
Inkubasi kuman penyebab typhus dapat terjadi melalui makanan dan minuman yang terinfeksi oleh bakteri salmonella typhosa. Kuman ini masuk melalui mulut , terus ke lambung, lalu ke usus halus. di usus halus, bakteri ini memperbanyak diri lalu dilepaskan ke dalam darah. Akibatnya terjadi panas tinggi. 

GEJALA: 
Demam panas yang makin lama makin tinggi, sering mengigau, ingatan menurun, nafsu makan hilang, otot terasa nyeri, buang air besar tidak teratur, sembelit, diare, sakit kepala yang hebat, menggil, keluar keringat dingin, mual, dan muntah-muntah.


PENYEBAB:
Kuman salmonella typhosa atau  salmonella paratyphi A,B dan C, yang sangat cepat penularannya.


PENANGANAN DAN PENCEGAHAN:
Istirahat total adalah cara terbaik yang harus dilakukan penderita typhus. sebab, penyakit ini sangat menguras energi tubuh. Sebaiknya, penderita menempati tempat khusus untuk menghindari penularan virus. Penderita typhus juga seharusnya dirawat dengan baik agar panas yang tinggi dapat turun secara cepat. Adapun untuk pertolongan pertama menurunkan panas yaitu dengan kain basah yang dingin (memakai es). 
Selain itu, berikanlah makanan yang mengandung banyak cairan dan bergizi, seperti sop, sari buah, dan banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Makanan bernilai kalori dan protein dalam bentuk cair atau lunak, patut diberikan kepada penderita. Jika panas nya masih tinggi, maka berilah obat antibiotik atau tumbuh-tumbuhan obat yang mempunyai efek antipiretik.

NUTRISI: 
a. Calcium 1 (1x1 sachet/hari) guna meningkatkan daya dahan tubuh.
b. Muncord / Cordyceps (3x2 kapsul/hari) sebagai antibiotik alami dan menghambat pertumbuhan bakteri.
c. Spirulina capsules (1x1 kapsul/hari) untuk melenyapkan penyakit penyakit yang dapat menyebabkan typhus.

     


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar