Kamis, 05 April 2012

Terapi Nutrisi untuk DEMAN BERDARAH



DEFINISI :

Demam Berdarah Dengue (DBD) atau Dengue Haemorhagic Fever (DHF) adalah suatu penyakit yang mengakibatkan seseorang mengalami demam akut selama 2 hingga 7 hari. Yang umumnya  terjadi pada anak dibawah 10 thn dan menyebar di negara2 tropis dan subtropis.


GEJALA :

Panas tinggi, ingusan, batuk, mata merah, sakit kepala, sakit di sekitar mata dan tulang belakang serta persendian, diare, kulit memerah, depresi, mual, muntah, gusi berdarah, mimisan dan keluar bercak merah pada kulit.


PENYEBAB :

Infeksi virus dengue yang ditularkan melalui nyamuk aedes aegety atau virus dengue family flaviviridae, yang mempunyai empat sterotipe yand dikenal dengan DEN-1, DEN-2, DEN-3 dan DEN-4.


PENANGANAN DAN PENCEGAHAN :

Umumnya pengobatan demam berdarah hanya ditujukan untuk mengatasi gejala yang terjadi (simptomatis). Istirahat dan asupan cairan yang cukup merupakan dua hal yang sangat penting pada pasien demam dengue. Penderita harus dikelilingi kawat nyamuk/kelambu sampai demam mereda. Perlu diketahui bahwa penggunaan aspirin dan NSAID harus dihindari.
Adapun untuk mencegah demam berdarah membutuhkan pengendalian atau eradikasi dari nyamuk pembawa virus. Karena itu, lakukanlah 3M (menguras, menutup dan menimbun) tempat2 yang disukai nyamuk untuk berkembang biak.


NUTRISI :

a. Calcium 1 (1x1 sachet/hari).
b. Muncord/ cordyceps (2x2 kapsul/hari) guna menmperbaiki dan daya tahan tubuh.
c. Spirulina (2x2 kapsul/hari) untuk menaikan trombosit.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar