Minggu, 08 April 2012

Terapi Nutrisi untuk Kecanduan NARKOBA



DEFINISI :

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat/bahan berbahya. Kecanduan atau adiksi narkoba adalah penyakit yang mempengaruhi otak dan tingkah laku seseorang. Anda mempunyai kendali pilihan untuk memulai menggunakan narkoba/obat terlarang (drugs). Tetapi sekali anda memulai menggunakannya maka efek kenikmatan dan kesenangan yang dibuat oleh obat tersebut membuat anda ingin selalu menggunakannya kembali.
Saat anda teradiksi atau kecanduan narkoba/obat terlarang lain, maka otak anda sebenarnya berubah dalam beberapa cara. Karena itu timbul suatu dorongan penuh untuk menggunakan drug yang mengendalikan perilaku anda. Seseorang yang teradiksi penggunaan obat biasanya tanpa memikirkan konsekwensinya. Misalnya timbul masalah kesehatan, uang, hubungan dengan teman atau keluarga dan performa ada pekerjaan dan seklolah yang mereka jalani.


GEJALA :

Sering cemas atau khawatir tanpa alasan yang jelas, menjadi pencuriga yang luar biasa, berkurang atau hilangnya daya ingat, depresi, insomnia, hilangnya harga diri, tidak melakukan perawatan diri sendiri serta prestasi kerja atau nilai sekolah tiba-tiba menurun (rendah). Selain itu pecandu narkoba akan menjalani hari-hari dengan rasa sakit, terutama pada waktu bangun pagi.


PENYEBAB :

Pergaulan bebas, kebiasaan minum alkohol, merokok, pola makan tidak teratur, hidup dalam keadaan tertekan (stress) dan iseng atau coba-coba untuk mendapatkan perasaan nyaman.


PENANGAN DAN PENCEGAHAN :

Kecanduan narkoba atau obat terlarang sebenarnya dapat diobati. Tetapi mengingat adiksi adalah penyakit kronis yang berlangsung dalam waktu yang lama serta dapat kambuh kembali, maka mungkin akan memerlukan sejumlah cobaan sebelum anda benar-benar terlepas dari drugs. Dokter biasanya akan melakukan pengobatan yang meliuti konseling, pemberian obat-obatan (medication) dan kombinasi keduanya.
Untuk mencegah kecanduan narkoba/obat terlarang langkah awal yang paling tepat adalah mengontrol diri sendiri. Maksudnya bahwa anda sendiri daat mengendalikan apa yang patut anda lakukan. Contohnya mengontrol pergaulan anda dan menyerap informasi yang benar mengenai bahaya narkoba/obat terlarang. Selain itu meintalah bantuan dan dukungan dari keluarga, orang terdekat atau teman agar anda selau jauh dari narkoba atau obat terlarang.


NUTRISI :

0818984132


Tidak ada komentar:

Posting Komentar