Sabtu, 28 April 2012

Terapi Nutrisi untuk KENCING MANIS/DIABETES MELLITUS



DEFINISI :
Diabetes Melitus (DM) alias kecing manis merupakan penyakit yang terjadi akibat terganggunya proses metabolisme gula darah di dalam tubuh. Orang dengan DM akan mempunyai kadar gula darah yang sangat tinggi dalam darahnya setelah makan dan akan sangat anjlok bisa ledang puasa. Penyebab pasti dari penyakit ini tidak diketahui secara pasti. Tetapi dicurigai kegemukan atau overweight merupakan salah satu faktor pencetus dari DM. DM yang timbul dari kegemukan biasanya terjadi pada usia lanjut alias umur diatas 40 tahun. Sebenarnya untuk mengetahui atau mendiagnosa pasien DM tidaklah sulit. asien yang datang dengan keluhan sering kencing (polyuri), sering minum (polydipsi), sering makan (polyfagi), badan mengurus serta lemas sudah bisa kita tebak bahwa pasien itu menderita kencing manis. Apalagi saat anda periksa gula darah acaknya melbihi 200 mg/dl, maka keyakinan itu akan semakin menguat.

GEJALA :
Sering kencing pada malam hari, rasa lapar berlebih, berat badan menurun meskipun makannya diperbanyak, cepat lelah dan lesu, luka sukar sembuh, infeksi kulit dan gatal-gatal, kesemutan dan mati rasa di sekitar kaki.

PENYEBAB :
Kerusakan pada sel pankreas, kebanyakan mengkonsumsi karbohidrat, stres dan obesitas.

PENANGANAN DAN PENCEGAHAN :
Selain pemeriksaan kadar gula darah acak, perlu juga dilakukan pemeriksaan kadar gula darah puasa dan kadar gula darah bagi penderita DM. Pengobatan pada pasien DM biasanya dengan menggunakan oba-obatan anti diabetik oral.
Adapun sebagai upaya pencegahan, caranya antara lain menjaga pola makan dan gaya hidup yang baik dan seimbang, tidur cuku, olah raga ringan secara rutin dan sering tertawa. Selain itu memonitor gula darah dan aktif mencari tahu informasi tentang penyakit diabetes  berikut pengendaliannya.

NUTRISI :
a. Calcium II (1x1 sachet/hari) guna menormalkan kerja pankreas untuk menghasilkan insulin.
b. Chitin Chitosan (2x2 ditaburkan pada luka ) jangan ditutup dan jangan kena air.
c. Grape Extract (2x2 kapsul/hari)
d. Diacont (2x2 kapsul/hari) untuk menurunkan kadar gula darah.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar